KESENIAN INDONESIA ( WAYANG BAGONG)



Tugas Kesenian Indonesia
o   Nama Tokoh :
BAGONG

o   Foto Wayang :


Gambar : Bagong
Sumber : https://wayang.wordpress.com/2011/06/03/bagong-bawor-cepot/
o   Latar Belakang Wayang :
Bagong atau Ki Lurah Bagong adalah salah satu anggota Punakawan dalam kisah Pewayangan Jawa. Bagong dalam kisahnya adalah anak bungsu dari Semar. Bagong dalam wayang Banyumasan lebih dikenal dengan Bawor.  Dalam beberapa kisah, disebutkan juga bahwa Bagong sebenarnya bukan anak kandung Semar. Kisahnya berawal dari Semar, Semar dalam beberapa versi dikisahkan sebagai penjelmaan seorang dewa bernama Batara Ismaya yang diturunkan ke dunia bersama kakaknya Batara Antagaatau Togog untuk mengasuh keturunan Batara Guru, adik mereka.
Togog dan Semar sama-sama mengajukan permohonan kepada ayah mereka, yaitu Sanghyang Tunggal, supaya masing-masing diberi teman. Sanghyang Tunggal ganti mengajukan pertanyaan berbunyi, siapa kawan sejati manusia. Togog menjawab "hasrat", sedangkan Semar menjawab "bayangan". Dari jawaban tersebut, Sanghyang Tunggal pun mencipta hasrat Togog menjadi manusia kerdil bernama Bilung, sedangkan bayangan Semar dicipta menjadi manusia bertubuh bulat, bernama Bagong. Versi lain menyebutkan, Semar adalah cucu Batara Ismaya. Semar mengabdi kepada seorang pertapa bernama Resi Manumanasa yang kelak menjadi leluhur para Pandawa. Ketika Manumanasa hendak mencapai moksha, Semar merasa kesepian dan meminta diberi teman. Manumanasa menjawab bahwa temannya yang paling setia adalah bayangannya sendiri. Seketika itu pula, bayangan Semar pun berubah menjadi manusia, dan diberi nama Bagong.
Istilahnya bagong diposisikan sebagai bala tengen, atau pasukan kanan, yakni berada dalam jalur kebenaran dan selalu disayang majikan dan Tuhan.
o   Keunikan dan Kekhasan Wayang :
Ciri- ciri  fisik Bagong mengundang kelucuan
1.      Bagong mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai rambut sisa di belakang yang disebut gombak. Ini adalah salah satu ciri fisik dari bagong yang mengundang kelucuan dan berbeda dengan wayang yang lain.
2.      Bagong mempunyai senjata kudi. Ini adalah kekhasan dari Bagong yang berbeda dengan yang lain.
3.       Bagong mempunyai gaya bicara bagong semaunya sendiri.
4.       Bagong mempunyai karakter suara besar dan kedengaran agak kendor di leher. 
5.       Bagong mempunyai badan yang pendek, gemuk seperti Semar.
6.      Bagong mempunyai hidung kecil, mata lebar, mulut yang lebar, dan bibirnya tebal atau memble.
o   Sikap dan Sifat Wayang  yang Mencerminkan Saya :
Menurut saya  sikap dan sifat dari Wayang Bagong  yang baik dan buruk mencerminkan saya.
·        Sikap dan sifat baik :
1.      Bagong adalah sosok yang tangguh selalu beruntung dan disayang tuan-tuannya. Maka Bagong termasuk punakawan yang dihormati, dipercaya dan mendapat tempat di hati para kesatria. Menurut saya, saya adalah orang tangguh, beruntung dan disayang oleh teman-teman saya, karena banyak yang bilang saya orangnya tidak gampang pasrah dan selalu beruntung.
2.      Bagong sangat suka bercanda walaupun sedang mengalami persoalan yang serius. Menurut saya, saya adalah orang yang suka bercanda karena walaupun saya mengalami persoalan serius saya mencoba menenangkan hati saya dengan bercanda.
3.       Bagong sangat lucu dan memiliki tingkat kehumoran yang sangat tinggi. Menurut saya, saya adalah orang yang lucu dan memiliki tingkat kehumoran yang sangat tinggi karena walaupun saya tidak melucu teman-teman saya mengganggap itu lucu.
4.      Bagong adalah manusia yang sederhana, sabar, dan tidak terlalu kagum pada kehidupan dunia. Menurut saya, saya adalah orang yang sederhana karena saya tidak suka tampil glamor, saya juga sabar waluapun saya sering dimanfaatkan oleh orang lain.
5.      Bagong memiliki sikap yang lugu. Menurut saya, saya adalah orang yang lugu karena banyak yang bilang seperti itu.
6.       Bagong memiliki sifat yang jujur. Menurut saya, saya adalah orang yang jujur kareana saya diajarkan orang tua saya untuk selalu jujur dan jangan sampai berbohong.
7.      Bagong memiliki ketabahan hati yang luar biasa.Menurut saya, saya adalah orang yang memiliki ketabahan hati karena saya selalu sabar menghadapi apapun tanpa emosi.
8.      Bagong tahan untuk menanggung malu, dirundung kesedihan, dan tidak mudah kaget serta heran jika menghadapi situasi yang genting maupun menyenangkan. Menurut saya, saya adalah orang yang seperti itu karena saya orangnya terlalu calm down.
9.      Bagong mempunyai sifat yang tidak pernah marah atau protes atas himpitan atau tekanan yang menimpa dirinya. Menurut saya, saya adalah orang yang seperti itu karena pada dasarnya saya bukan orang yang suka marah.
10.  Bagong mempunyai watak yang rendah hati, tetap mengasihi sesama, tidak lupa diri karena kelebihan yang dimiliki. Menurut saya, saya adalah orang yang seperti itu karena saya tidak suka menunjukkan kelebihan yang saya miliki.
·        Sikap dan sifat buruk :
1.        Bagong memliki sifat lancang dan berlagak bodoh. Menurut saya, saya adalah orang yang suka lancang atau ceplas ceplos dan berlagak bodoh, karena memang dasarnya saya tidak suka berpura-pura.
2.      Bagong mempunyai sikap saat menjalankan tugas, dia tergesa-gesa dan kurang perhitungan. Menurut saya, saya adalah orang yang mempunyai sifat tergesa-gesa dalam menjalankan tugas dan kurang perhitungan karena saya ingin semunya cepat kelar.
3.      Bagong mempunyai sifat menjengkelkan dan ngeyelan tapi benar. Menurut saya, saya adalah orang yang seperti itu karena jika menurit saya benar saya mesti tidak mau mengalah dan selalu mengeyel.
o Sumber :






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelembagaan Dalam Desa Wisata

CARA MEMBAYAR UKT (UGM) LEWAT TELLER MANDIRI