MANAJEMEN DESA WISATA ( DESA WISATA PONGGOK, KLATEN)


Nama :
1.      Arinningsih
2.      Ariska Fertanti
3.      Faida Novian Ulfa
Manajemen Desa Wisata
Review Desa Wisata Ponggok, Klaten ( salah satu 10 desa terbaik)

·         Profil :
o   Desa Wisata Ponggok Klaten adalah desa wisata yang mempunyai pesona wisata mata air terlengkap di Kabupaten Klaten, Jateng. Desa wisata ponggok pertama kali digagas oleh kepala Desa Ponggok yang bernama Junaidi Mulyono.
o   Umbul Ponggok berkembang dibawah pengelolaan BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa “Tirta Mandiri” selaku pengelola unit pariwisata di desa Ponggok, dalam hal ini adalah Umbul Ponggok.
o   Alamat : Jalan Raya Ponggok- Delanggu, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Ponggok, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
o   Jam buka : Senin- Minggu ( 08.00-16.00 WIB )
o   Penduduk Desa Ponggok berjumlah 609 KK atau sekitar 2000 jiwa. Mata pencahariannya warganya adalah petani dan peternak.
o   Jarak tempuh menuju Desa Ponggok dari arah Semarang sekitar 3 jam, jika dari Solo sekitar 1 jam dan dari Jogja sekitar 30 menit.
·         Keunikan :
o   Desa Ponggok berada di dataran rendah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi jadi mempunyai potensi air.
o   Desa wisata Ponggok dianugerahi 5 mata air atau umbul yaitu Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler, dan Umbul Cokro. Debit airnyapun berbeda-beda tetapi debit yang paling tinggi ada di Umbul Ponggok yaitu 735 liter per detik.
o   Air yang bening dan sejuk, berbagai ikan berenang diantara wisatawan serasa sedang menyelam di bawah laut.
o   Air di dalam Umbul Ponggok ini terus mengalir, terdapat sumber mata air dari dasar kolam dan dialirkan melalui sungai membuat air jernih dan tidak berbau meskipun banyak terdapat ikan didalamnya
o   Ada kegiatan snorkling wisatawan akan disuguhkan dengan menemui terumbu karang yang berwarna warni, terdapat batu coral yang bervariasi.
o   Berbagai macam ikan tawar berwarna-warni dan berbagai ukuran menjadi daya tarik tersendiri.Wisatawan  dapat bermain dan berfoto didalam air.
o   Di dasar kolam pun dapat kita temui keindahan lainya yaitu, mata air berasal dari bawah kolam yang menjadikan gelembung- gelembung kecil yang indah dilihat oleh mata.Jadi tidak perlu wisatawan jauh – jauh ke Bunaken untuk melihat keindahan bawah laut karena di Desa Wisata Ponggok pun wisataan bisa berinteraksi engan ikan- iikan .
·         Atraksi :
o   Pemandian air ( kolam air) untuk berenang namun dikemas secara berbeda dan mirip seperti berada di dalam laut dikelilingi oleh ikan-ikan air tawar dan objek-objek yang bisa dijadikan peraga untuk foto di dalam air, namun pemandian itu asli dan asri. Sebelum masuk diberikan makanan ringan yang dihasilkan dari ibu-ibu UKM.
o   Berenang dan snorkling di dalam air dnegan berbagai objek.
o   Spot-spot foto untuk instagramable.
o   Arena outbond.
o   Main lumpur di sawah.
o   Budidaya perikanan ( ikan tawar).
·         Efek sebelum CBT :
o   Menjadi desa tertinggal karena air yang melimpah hanya digunakan untuk MCK, pengadaan air bersih oleh PDAM, irigasi sawah, air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, dll.
o   Kurangnya pengetahuan dari masyarakat lokal dalam pemanfaatan pada potensi desa Ponggok.
o   Kurangnya pengetahuan masyarakat lokal dalam melestarikan alam ( sumber mata air) yang ada di desanya.
o   Masyarakat lokal hanya mengandalkan mata pencaharian seperti bertani dan bertenak yang hasilnya kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
o   Standart kehidupan yang masih rendah untuk masyarakat lokal.
·         Efek sesudah CBT :
o   Masyarakat lokal bisa lebih meningkatakan taraf kehidupannya untuk mensejahterakan kehidupannya  dari potensi yang ada di desa Ponggok.
o   Masyarakat lokal bisa mengasah keterampilannya yaitu masyarakat yang membuka usaha counter di luar daerah obyek wisata. Usaha yang ia bangun merupakan usaha yang pendapatannya tidak berhubungan langsung dengan kantor BUMDes, karena pendapatannya tidak harus dibagi dengan pihak BUMDes.
o   Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal yaitu bisa jadi porter, tour guide, pendamping snorkling, pendamping outbond, dll
o   Membantu membangun infrastruktur yang ada di desa wisata Ponggok karena banyak wisatawan yang mengunjungi desa wisata ponggok oleh karena itu harus dibangun infrastruktur yang memadai seperti perbaikan dan pelebaran jalan, alat transportasi umum, area parkir, dll
·         Alasan menjadi salah satu dari 10 desa wisata terbaik di Indonesia dengan kategori pemberdayaan masyarakat :
o   Dari desa tertinggal menjadi desa wisata terbaik karena mampu mengajak masyrakat lokalnya turut adil dalam mengelola objek wisata yang dipunyai oleh Desa Ponggok sehingga menjadikan desa wisata Ponggok.
o   Dari sekitar 700 keluarga di Desa wisata ponggok 430 menjadi investor dalam usaha pengelolaan objek wisata umbul ponggok dan setiap bulannya masyarakat lokal yang berinvestasi mendapalkan bagi hasil sekitar 7-15 % dan ini bisanya digunakan untuk tabungan pendidikan bagi anak.
·         Kesimpulan :
Perkembangan yang semakin baik yang terjadi di obyek wisata Umbul Ponggok karena adanya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ponggok. Berkembangnya obyek wisata ini juga tidak dipungkiri adanya peran serta masyarakat dalam pengembangan obyek wisata Umbul Ponggok. Perkembangan ini dapat dilihat dengan adanya fasilitas yang semakin baik dan lengkap.
Dampak yang terlihat jelas dengan perkembangan obyek wisata iniadlah , lebih mendorong masyarakat yang tinggal disekitar obyek wisata untuk lebih aktif dan kreatif berpartisipasi dalam kegiatan pariwisata dan kegiatan bermasyarakat. Dengan adanya kekreatifan masyarakat ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan adanya peluang pekerjaan baru bertujuan untuk mendorong berkembangnya kegiatan perekonomian masyarakat desa dan meningkatkan peluang usaha (berwira usaha). Dalam hal ini pengembangan obyek wisata dapat mempengaruhi anggota masyarakat desa yang berpenghasilan rendah dan mendorong berkembangnya usaha kecil untuk penyerapan tenaga kerja bagi warga masyarakat. Munculnya lapangan pekerjaan baru bagi warga masyarakat tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta dapat membantu biaya pembangunan sarana dan prasarana yang ada di area obyek wisata Umbul Ponggok.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESENIAN INDONESIA ( WAYANG BAGONG)

Kelembagaan Dalam Desa Wisata

CARA MEMBAYAR UKT (UGM) LEWAT TELLER MANDIRI