Sejenak Tuk Melangkahkan Kaki ke Desa Wisata Ngringan!



Nama               : Faida Novian Ulfa
Kelas               : B
Nim                 : 16/401188/SV/11692
Mata Kuliah    : Manajemen Desa Wisata



 Sejenak Tuk Melangkahkan Kaki ke Desa Wisata Ngringinan!
Gambar 1 : Gereja Ganjuran 
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Yogyakarta adalah kota yang terkenal sebagai kota budaya, kota pelajar, kota seniman, kota gudeg, dan kota museum. Sekarang di Kota Yogyakarta sedang gencar-gencarnya untuk memberdayakan dan membangun potensi yang ada di desa untuk menjadi desa wisata. Salah satunya adalah Desa Wisata Ngringinan. Desa wisata ini terletak di Ngringinan, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul DIY dan secara geografis terletak di pinggir jalur jalan raya Yogya – Pantai Samas tepatnya 15 Km arah selatan kota Yogya dan dekat dengan Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran sebagai tempat peziarahan bagi umat katholik atau yang lebih terkenal sebagai Gereja dan Candi Ganjuran. Tanggal 22 Februari 2017 adalah diresmikannya Desa Wisata Ngringan, walaupun masih sangat baru desa wisata ini sudah mempunyai penghargaan yaitu sebagai juara II lomba Desa Wisata se Kabupaten Bantul dengan Kategori Embiro. Akses untuk menuju Desa Wisata Ngringinan wisatawan bisa menggunakan bus antar kota dari terminal bus Giwangan jurusan Samas dengan sekali naik bus dengan biaya sekitar lima ribu rupiah. Hanya saja karena keterbatasan jumlah bus transportasi umum, maka perjalanan dengan bus umum akan terasa sedikit lama. Arah dari Kota Yogyakarta bisa dimulai lurus dari Pojok Beteng Kulon lurus ke selatan setelah melewati Kota Bantul, maka wisatawan akan sampai di Perempatan Palbapang dan lima ratus meter arah kiri dari utara (timur jalan raya Jogja-Samas), wisatawan akan sampai di Desa Wisata Ngringinan. Kira-kira lima belas kilometer dari Kota Yogya dan bisa ditempuh sekitar 20 menit dengan motor atau kendaraan  pribadi.

***
Hari Sabtu, tanggal 10 Maret 2018 saya dan teman-teman seangkatan saya dari D3 Kepariwisataan Ugm 2016 mengadakan kuliah lapangan perihal observasi di Desa Wisata tersebut. Saat saya dan teman-teman seangkatan saya berkunjung di desa wisata tersebut, langsung disambut hangat oleh ketua pendiri Desa Wisata Ngringinan yaitu Bapak Windu Hadi Kuntoro, S.Si, Bapak Sukirman, SH (Lurah Desa Palbapang), dan Ibu E. Andriyani, SE (Bendahara). Dari segi hospitalitas masyarakat dan pihak-pihak pengelola desa wisata tersebut sangat ramah tamah dengan wisatawan, terbukti saat rombongan saya saat berkunjung di Desa Wisata Ngringinan, mereka selalu menebar senyum, sapa, dan menjawab pertanyaan dengan baik.
Gambar 2 : Ibu E. Andriyani, SE (Bendahara)
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
Gambar 3 : Bapak Sukirman, SH (Lurah Desa Palbapang)
Sumber : Dokumentasi Pribadi 

***
          Gambar 4 : Suasana Rombongan D3 Kepariwisataan UGM 2016
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
Tour pertama kali saat berada di Desa Wisata Ngringan adalah kumpul di Museum Bantul Masa Belanda, sebelum itu kami kumpul di ruangan belakang museum, disini kami diberikan penjelasan mengenai Desa Wisata Ngringinan dan pembuatan madu mongso ( oleh-oleh khas Desa Wisata Ngringan Bantul). Desa Wisata Ngringinan mempunyai daya tarik wisata yaitu :
1.      Museum Bantul Masa Belanda : Foto stasiun Pallabapang dan stasiun lain di Bantul tempo dulu, foto pabrik-pabrik gula jaman kolonial, foto saluran irigasi peninggalan kolonial, foto-foto peresmian Gereja dan candi Ganjuran, benda-benda masa kolonial : mata uang, pakaian, dan lain sebagainya; dan film dokumenter Ganjuran tempo dulu.
Gambar 5 :  Foto Pemberkatan Candi 
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
Gambar 6 : Foto Pabrik Gula Pundong
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
2.      Home industri : Produksi Madumongso Bgaskoro, perajin tempe, perajin empling, perajin telur asin, peternak lebah, perajin gula batu/ jawa.
Produksi Madu Mongso adalah usaha rumahan yang dirintis dan dikembangkan dari awal ini adalah membuat makanan oleh-oleh khas Bantul. Proses pembuatan diawali dengan pembuatan tape ketan sebagai bahan utama makanan ini, lalu pembuatan enten-enten dan terakhir memasak semua bahan, tape ,enten-enten dan gula serta santan diatas tungku kayu bakar selama sekitar 4 jam. Lalu proses selanjutnya adalah membuat bentuk yang dinginkan dan terrakhir pengemasan. Wisatawan bisa ikut merasakan sensasi mengaduk adonan tape, enten-enten, santan dan gula jawa diatas tungku api yang apinya harus selalu terjaga.
Gambar 7 : Gambar Madumongso 
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
Gambar 8 : Gambar Pembuatan Madumongso
Sumber : Dokumentasi Pribadi 

3.      Kerajinan : Kerajinan berolahan limbah kayu, kreasi  patung kayu, patung tanah liat, patung macung kelapa, kreasi kelapa gabung, mebel.
4.      Alam : Sawah bulak Tinom, sawah bulak Ngringan
5.      Budaya : Merti Dusun, Ruwahan, Selikuran, Suronan, Nyadran.
6.      Kesenian : Kesenian jathilan, kethoprak, tari-tari Gendhing, gejog lesung.
7.      Homestay : 25 homestay siap menerima wisatawan.
Gambar 9 : Gambar Homestay di Desa Wisata Ngringinan
Sumber : Dokumentasi Pribadi 

8.      Warisan cagar budaya :
Jejak peninggalan Belanda masih bisa ditemukan di sekitar Desa Wisata Ngringinan dan beberapa masih terjaga dengan baik, diantaranya adalah :
1. Stasiun Palbapang  yang masih berdiri megah
2. Sumur Belanda untuk pengairan perkebunan tebu peninggalan Belanda,  
3. Menara Listrik Palbapang yang masih terjaga sampai sekarang.
4. SD  Kanisius dan SMP Kanisius Ganjuran.
5. Pasar Gathak
6. Candi Ganjuran
Bangunan-bangunan itu menggambarkan bahwa Belanda pernah membangun Palbapang – Ganjuran sebagai kota di selatan kota Jogja untuk menggerakkan ekonomi di kawasan ini. Wisatawan akan bisa merasakan suasana masa lampau langsung ke titik-titiknya, merasakan suasana belajar di sekolah Belanda dan  juga bangunan Pabrik Gula Gondanglipuro yang saat ini tinggal sedikit tembok yang masih tersisa yang menggambarkan betapa hebatnya masa lalu.
9.      Wisata Religi : Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran.
Gambar 10 : Gambar Gong di Gereja Ganjuran 
Sumber : Dokumentasi Pribadi 

***
WOW amazing!!!!! Itulah kalimat pertama yang terlontar saat saya melanjutkan tour mengunjungi Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, inilah salah satu destinasi wisata religi paling terkenal saat ini bagi umat katholik di Indonesia dan dunia. Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran atau yang terkenal sebagai Gereja dan Candi Ganjuran. Bangunan Candi Ganjuran yang sangat monumental yang dibangun oleh Prof. Dr. Ir. Josef Ignaz  J Marie Schumtzer dan Ir. Julius Robert Anton Marie Schmutzer, kakak beradik dari Belanda yang mengelola dan pemilik Pabrik Gula Gondanglipuro adalah tempat peziarahan dan persembahyangan bagi puluhan ribu umat katholik yang menyakini bahwa dengan berdoa dan membawa air Perwitasari yang muncul dari bawah candi, doa-doanya akan dikabulkan Tuhan.
Tidak hanya umat katholik, bahkan umat agama lain juga mengunjungi Candi ini karena keyakinan mereka akan doa permohonan dan air suci Perwitasari yang juga bisa menyembuhkan penyakit dan terkabulnya doa mereka. Wisatawan akan merasakan aura tempat persembahyangan yang adem, hening dan penuh berkah. Masih di kompleks ini, selanjutnya wisatawan akan menemukan Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran yang sangat megah dengan bentuk bangunan pendoponya.  Ornamen yang ada di setiap sudut gereja menggambarkan banyak filosofi, mulai dari pilar, ornamen dan motif hiasan pada  pilar, warna hijau dan kuning keemasan yang dominan , bentuk altar dan patung-patungnya, akan membawa wisatawan merasakan suasana berdoa yang sangat lain karena sangat bernuansa jawa.
Gambar 11  :  Gambar Lilin di Gereja Ganjuran 
           Sumber : Dokumentasi Pribadi 

Gambar 12 : Gambar Candi Ganjuran

Sumber : Dokumentasi Pribadi 

Gambar 13 : Gambar Ornamen di Kawasan Gereja dan Candi Ganjuran
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
Gambar 14 : Gambar Pintu Masuk Pemandian Rohani
Sumber : Dokumentasi Pribadi 
Gambar 15 : Gambar Gereja Ganjuran
Sumber : Dokumentasi Pribadi
***
Setelah mengunjungi Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran rombongan saya bergesas untuk makan siang di ruang belakang museum. Setelah itu tour untuk observasi Desa Wisata Ngringinan telah usai.
***
MORE INFORMATION :
PAKET WISATA DESA WISATA NGRINGINAN
Ø  Durasi 3 Jam 
            1.   Durasi 3 Jam  A
1.      Visit  museum
2.      Keliling Desa :
·         Visit  home industri Madumongso Bagaskoro
·         Visit  home industri emping/memanen madu lebah
·         Visit  home industri tempe/ gula batu & gula jawa
3.      Cooking class

2.   Durasi 3 Jam  B
1.         Visit  museum
2.         Aktivitas Pertanian
·         Membajak sawah
·         Menanam padi / jagung
·         Menangkap bebek /mentok / lele
3.         Cooking class
Ø  Durasi 5 jam
3.   Durasi 5 Jam A.
1.      Visit  museum
2.      Aktivitas Pertanian
·         Membajak sawah
·         Menanam padi / jagung
·         Menangkap bebek /mentok / lele
3.      Cooking class : Madumongso Bagaskoro
4.      Visit Sumur Belanda,Stasiun Palbapang,Menara Listrik Belanda, Pembuatan Pande Besi
5.      Makan siang
4.   Durasi 5 Jam B.
1.      Visit  museum
2.      Aktivitas pertanian
·         Membajak sawah
·         Menanam padi / jagung
·         Menangkap bebek /mentok / lele
3.      Cooking class : Madumongso Bagaskoro
4.      Visit Gereja dan  Candi Ganjuran
5.      Makan siang
Ø  Durasi 7 jam
5.   Durasi 7 Jam A
1.      Visit Museum
2.      Aktivitas  pertanian
·         Membajak sawah
·         Menanam padi / jagung
·         Menangkap bebek /mentok / lele
3.      Keliling Desa
·         Visit  home industri Madumongso Bagaskoro
·         Visit  home industri tempe/memanen madu lebah
·         Visit  home industri emping/ gula batu & gula jawa
4.      Cooking class
5.      Makan siang
6.      Membatik/ membuat gerabah
7.      Visit  Sumur Belanda,Stasiun Palbapang,Menara Listrik, Membuat Pande Besi, Situs Gilang
6.   Durasi 7 Jam B
1.      Visit Museum
2.      Aktivitas  pertanian
·         Membajak sawah
·         Menanam padi / jagung
·         Menangkap bebek /mentok / lele
3.      Keliling Desa
·         Visit  home industri Madumongso Bagaskoro
·         Visit  home industri tempe/memanen madu lebah
·         Visit  home industri emping/gula batu & gula jawa
4.      Cooking class
5.      Makan siang
6.      Membatik/ membuat gerabah
7.      Visit  Gereja dan  Candi Ganjuran – Sekolah Belanda – Pabrik Gula Belanda
                                                           
PENAWARAN HARGA PAKET
KEGIATAN DESA WISATA NGRINGINAN
PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA
Teip/WA : 085842856438, 081325266284


1.      Buat  Madumongso                                                                            Rp     20.000,-
2.      Pertanian (tanam padi, membajak sawah, tangkap ikan/bebek)          Rp     30.000,-
3.      Buat emping                                                                                        Rp     10.000,-
4.      Buat  tempe                                                                                         Rp     10.000,-
5.      Kerajinan mancung kelapa                                                                  Rp.    40.000,-
6.      Buat  Gula batu / gula jawa                                                                Rp     10.000,-
7.      Bersepeda keliling desa melihat situs peninggalan Belanda   Rp     50.000,-
8.      Menginap di home stay utk 2 orang (2x makan)                                Rp   150.000,-
9.      Makan ala genduri                                                                              Rp     30.000,-
10.  Membuat  kreasi gerabah                                                                    Rp     35.000,-
11.  Memanen madu lebah                                                             Rp.    10.000,-

Catatan :
Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan permintaan dan kesepakatan pengelola dan wisatawan


Contact person :  Windu Kuntoro                 085842856438 ( HP/WA)
                                                                           081325266284
                               Emmelia Andriyani          081568332465 ( HP/WA)
                               Email                                whkuntoro99@gmail.com


x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESENIAN INDONESIA ( WAYANG BAGONG)

Kelembagaan Dalam Desa Wisata

CARA MEMBAYAR UKT (UGM) LEWAT TELLER MANDIRI